Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Gubernur Olly Diundang Rapat di Istana, Presiden Jokowi Janjikan Hadiah untuk Sulut

×

Gubernur Olly Diundang Rapat di Istana, Presiden Jokowi Janjikan Hadiah untuk Sulut

Sebarkan artikel ini

Berkah melimpah bagi warga Sulawesi Utara atas kedatangan Presiden Joko Widodo sejak Rabu (18/01/2023) malam. Selama tiga hari Presiden Jokowi berada di Nyiur Melambai, dan mengunjungi sejumlah lokasi di Kota Manado dan Kabupaten Minahasa Utara.

Selama tiga hari, dan menjadi kunjungan kerja terlama di Provinsi Sulut, Jokowi menjanjikan beberapa proyek infrastruktur untuk masyarakat Sulut.

Diantar Gubernur Olly dan Forkopimda sebelum bertolak dari Bandara Sam Ratulangi

Gubernur Sulut Olly Dondokambey menyampaikan hadiah untuk Sulut akan dibicarakan lebih lanjut lewat rapat dengan Presiden di Istana Negara.

“Saya dengan Wali Kota (Manado) diundang rapat di Istana untuk pembangunan infrastruktur di Sulut,” kata Gubernur Olly Dondokambey usai mengantar Jokowi lepas landas dengan Pesawat Kepresidenan, di Bandara Sam Ratulangi Manado, Jumat (20/1/2023) sore.

Gubernur Olly Dondokambey belum merinci infrastruktur dimaksud. ”Banyak, nanti kalau sudah selesai rapat baru dibilang,” kata Olly.

Meski begitu, Olly sedikit bocoran beberapa janji Presiden Jokowi itu.

“Pidato Pak Presiden kan bilang nanti Malalayang Beach Walk mau tambah panjang lagi sampai di depan terminal (Malalayang). Itu jelas,” kata mantan Ketua Komisi XI DPR-RI ini.

Jokowi di Pantai Malalayang

Malalayang Beach Walk (MBW) pun sudah dibangun sejak 2021 sepanjang 1,2 Kilometer. Salah satu proyek yang dijanjikan Presiden saat berkunjung ke Sulut di 2019 itu, kini sudah diresmikan Presiden Jokowi.

Selain itu, Gubernur menyampaikan, Presiden sudah menjanjikan pembangunan infrastruktur untuk menunjang investasi swasta di daerah Pariwisata Super Prioritas Likupang.

Jokowi bersama para menteri dan Gubernur Olly di Likupang

“Nanti jalan menuju ke Hotel Marriott akan diperlebar,” kata dia. Tak hanya jalur darat, melainkan jalur laut juga. Gubernur Olly Dondokambey menyampaikan, akan dibangun juga dermaga untuk rute Manado ke Likupang. “Dermaga kapal untuk jalur laut ke Likupang juga,” ungkap dia. Namun, menurut Olly, hal detail soal infrastruktur untuk Sulut nanti akan dibahas dalam rapat bersama Presiden.

Diketahui, Presiden Joko Widodo baru saja menyelesaikan kunjungan kerjanya selama 3 hari di Sulut.

Presiden bersama rombongan tiba Rabu (18/1/2023) malam. Pada Kamis (19/1/2023) pagi Presiden berkunjung ke Pasar Pinasungkulan Manado, kemudian lanjut ke Pasar Airmadidi Minahasa Utara. Di kedua pasar ini Presiden menyerahkan bantuan penguatan modal untuk padagang.

Jalan-jalan di Mantos 3

Setelah itu Presiden meresmikan Bendungan Kuwil-Kawangkoan. Lalu lanjut mengunjungi Likupang terutama di Hotel Marriott di Desa Paputungan, Likupang Barat, Minahasa Utara. Kemudian Kepala Negara mengunjungi Dermaga Kapal di Desa Munte, Likupang Barat. Jokowi menutup kunjungan pada hari (Kamis) itu dengan jalan-jalan santai dan makan malam di Manado Town Square.

Esoknya, Jumat (20/1/2023) Presiden Joko Widodo mengawali harinya dengan berlayar ke Pulau Bunaken. Di Bunaken Jokowi melihat pembangunan Ecotourism Village Bunaken berserta rumah-rumah sebagai guest house milik masyarakat Bunaken.

Solat Jumat dan meresmikan menara Masjid Raya Ahmad Yani Manado

Saat kembali dari Pulau Bunaken, Jokowi melaksanakan salat Jumat di Masjid Ahmad Yani Kota Manado. Selain menyapa warga yang sudah menunggunya di depan masjid, Jokowi juga sebelumnya meresmikan menara Masjid Raya Ahmad Yani.

Selanjutnya Presiden meresmikan Rumah Susun Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara (Rusun Kejati Sulut).  Hunian ini terletak di Bumi Nyiur, Kecamatan Wanea, Kota Manado ini dibangun oleh Kementerian PUPR.

Sore hari, Jokowi didampingi Gubernur Sulut Olly Dondokambey meresmikan Penataan Kawasan Pantai Malalayang (Malalayang Beach Walk) dan Ecotourism Village Bunaken. Setelahnya Presiden dan rombongan menuju Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi Manado untuk bertolak ke Pangkalan TNI AU Adi Soemarmo, Jawa Tengah dengan menggunakan pesawat kepresidenan Indonesia-1.(adv/dkips)