Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Bupati Minahasa Dukung Pembangunan IKN dan Pengadaan ASN Tahun 2024

×

Bupati Minahasa Dukung Pembangunan IKN dan Pengadaan ASN Tahun 2024

Sebarkan artikel ini

Kabar Gembira, Nasib Tenaga Honorer Dituntasan Tahun 2024 ini

Jemmy Stani Kumendong, Minahasa, IKN, ASN
Penjabat Bupati Minahasa Dr Jemmy Stani Kumendong MSi menghadiri Rakernas di Jakarta

MINAHASA-Penjabat Bupati Minahasa, Dr Jemmy Stani Kumendong MSi (JSK) mendukung penuh pembangunan Ibu Kota Nusantara di Pulau Kalimantan karena berdampak positif untuk daerah lainnnya dalam bidang pertumbuhan ekonomi.

Selain itu, dengan bertambahnya kota besar di Indonesia, perputaran ekonomi akan semakin baik berimbas pada bertambahnya lapangan kerja dan menarik investor masuk Indonesia.

“Saya menghadiri langsung Rapat Koordinasi Nasional dalam rangka mewujudkan visi dan misi IKN sebagai kota dunia. Dan ini memang lebih memajukan indonesia,” ujar Kumendong.

Mengangkat tema ‘’Kolaborasi Pemerintah Daerah dan Ibu Kota Nusantara untuk mewujudkan Kota Dunia untuk Semua’’, rakornas ini dilaksanakan di Kempinski Ballroom Grand Indonesia, Jakarta.

‘’Pertemuan yang dihadiri seluruh kepala daerah di Indonesia ini membahas pembangunan IKN yang terus digenjot, termasuk di dalamnya kawasan istana kepresidenan,’’ Kata Kumendong Kamis (14/3/2024).

Dia menjelaskan, kehadiran pemerintah daerah ialah untuk mendengarkan arahan pemerintah pusat sekaligus kesiapan daerah dalam mendukung pembangunan IKN.

Lebih lanjut, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Sulawesi Utara ini  menjelaskan, berdasarkan penyampaian satgas pelaksana pembangunan infrastruktur IKN, bulan Juni 2024 bangunan istana termasuk lapangan upacara akan berfungsi 100 persen.

‘’Nantinya, akan mendukung kegiatan upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI 17 Agustus 2024 ,” ungkap Kumendong.

Pada bagian lain, menyoal pengadaan Aparatur Sipil Negara (ASN) tahun 2024, Kumendong  mengatakan, lebih dari 500 undangan kepala daerah, termasuk bupati, wali kota, dan gubernur, serta pejabat terkait lainnya dari seluruh Indonesia hadir dalam rapat yang dihelat  di hotel Bidakara Jakarta Selatan ini.

Pada dasarnya,  Bupati Minahasa menyatakan dukungan penuh terhadap langkah pemerintah pusat, terutama dalam persiapan pengadaan ASN tahun 2024, termasuk seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K).

‘’Pemerintah pusat memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada seluruh masyarakat untuk menjadi ASN. Oleh karena itu, Pemkab Minahasa sangat mendukung langkah ini,’’tandas Kumendong.

Terpisah, Kaban BKD Minahasa Moody Pangerapan dalam penyampaiannya mengatakan sesuai dengan sambutan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas, peluang masyarakat untuk menjadi ASN atau P3K sangat besar. Mulai 2024, seleksi CPNS akan dilakukan tiga kali dalam setahun, memberikan kesempatan lebih besar bagi mereka atau instansi yang belum memenuhi kebutuhan ASN.

Kabar gembira juga bagi tenaga honorer seperti yang dikatakan Menteri Abdullah Azwar, mereka yang terdaftar dalam data base akan dituntaskan pada 2024 ini. ‘’BKD Minahasa akan menindak lanjuti akan semua petunjuk dari pemerintah pusat,’’ tukas Pangerapan. (ric)