Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Pemkab Minahasa Permudah Administrasi Kependudukan Persalinan Masyarakat

×

Pemkab Minahasa Permudah Administrasi Kependudukan Persalinan Masyarakat

Sebarkan artikel ini
Minahasa, Jemmy Stani Kumendong, Dukcapil
Bupati Dr Jemmy Stani Kumendong MSi menyerahkan dokumen kepada masyaeakat yang melakukan persalinan

MINAHASA – Inovasi dan terobosan baru tegrus dilakukan Pemerintah Kabupaten Minahasa melalui Penjabat Bupati Dr Jemmy Stani Kumendong MSi, antaranya mempermudah administrasi kependudukan bagi masyarakat yang melakukan persalinan.

Rabu (20/3/2024), Kumendong menyerahkan tiga dokumen kependudukan kepada warga yang melakukan persalinan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sam Ratulangi Tondano.

Dokumen tersebut diserahkan Kumendong didampingi Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Minahasa Meidy Rengkuan SH MAP, serta jajaran RSUD Sam Ratulangi Tondano.

Saat menyerahkan dokumen tersebut, bupati mengatakan, kegiatan ini dalam rangka menindaklanjuti program Pemerintah Kabupaten Minahasa, untuk mendekatkan pelayanan dan memudahkan masyarakat di bidang administrasi kependudukan.

‘’Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Minahasa telah melakukan penandatangan perjanjian kerja sama dengan RSUD Sam Ratulangi Tondano, terkait inovasi pelayanan Mapatik Se Tou atau Ba Tulis Orang,’’ katanya.

Program Mapatik Se Tou itu sendiri adalah satu peristiwa kependudukan atau kelahiran untuk menerbitkan tiga dokumen kependudukan yakni Akte Kelahiran, Kartu Keluarga (KK), dan Kartu Identitas Anak (KIA).

‘’Untuk menindaklanjuti program tersebut, hari ini saya menyerahkan tiga dokumen kependudukan yang melakukan persalinan kepada keluarga Kuhon-Wauran atas nama Aksen Mirachel Kuhon,’’ katanya.

Lebih lanjut Kumendong menjelaskan, program ini sementara dikembangkan di rumah-rumah sakit dan klinik bersalin. Termasuk rumah-rumah sakit kabupaten dan kota tetangga di Sulawesi Utara.

‘’Saat ini juga sementara perampungan terkait perjanjian kerja sama dengan RS Dr JH Awaloei di Kecamatan Mandolang,’’ tukas Kumendong. (ric)